Memahami Teknologi Di Bidang Pendidikan


 

      https://blog.ruangguru.com/hs-fs/hubfs/J-PAL-summary-126-ed-tech-studies-MIT-00_0.jpg?width=600&name=J-PAL-summary-126-ed-tech-studies-MIT-00_0.jpg

 

Menghadapi   abad   ke-21,   UNESCO (1996)    melalui  jurnal  “The    International    Commission  on  Education  for  the  Twenty  First Century”  merekomendasikan  Pendidikan  yang berkelanjutan  (seumur  hidup)  yang  dilaksanakan berdasarkan   empat   pilar   proses   pembelajaran,   yaitu : Learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan), learning   to   do  (belajar  untuk mengetahui keterampilan), learning  to  be (belajar untuk mengembangkan diri), dan  Learningto live 

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan Informasi itu sendiri, Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi  seperti  telepon,  komputer,  internet,  e-mail dan lain sebagainya. Interaksi antar guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka  dan  juga  dilakukan  dengan  menggunakan  media-media  tersebut.  Guru  dapat  memberikan layanan  tanpa  harus  berhadapan  langsung  dengan  siswa.  Demikian  pula  siswa  dapat  memperoleh informasi  dalam  lingkup  yang  luas  dari  berbagai  sumber media cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.

Hal      yang      paling      mutakhir      adalah      berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau  pengajaran  Maya,  yaitu  proses  pembelajaran  yang   dilakukan   dengan   menggunakan   internet.   Istilah  lain  yang  makin  populer  saat  ini  ialah  e-learning  yaitu  satu  model  pembelajaran  dengan  menggunakan     media     Teknologi     Komunikasi     dan    Informasi    khususnya    Internet.    Menurut    Rosenberg  (2001:  28), e-learning   merupakan   satu    penggunaan    Tekonologi    Internet    dalam    penyampaian  pembelajaran  dalam  jangkauan  luas  yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu:
a.E-learning      merupakan      jaringan      dengan      kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi  dan  membagi  materi  ajar  atau  Informasi,
b.Pengiriman     sampai     kepengguna     terakhir     melalui   komputer      dengan   menggunakan   teknologi Internet yang standar,
c.Memfokuskan  pada  pandangan  yang  paling  luas  tentang  pembelajaran  di  balik  paradigma  pembelajaran tradisional.

Berikut pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan : 

1. Pembelajaran Berbasis Komputer                                                                                                   

Semua orang tentu saja tahu apa itu komputer. dalam bidang pendidikan pengenalan teknologi satu ini sangat penting, karena banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh komputer. seperti untuk mengelola file tulisan dan sebagainya. Dalam tingkatan yang lebih tinggi,komputer ataupun laptop dapat digunakan untuk berkarya, baik itu dalam bidang desain, seni, musik dll.

Banyak model pembelajaran berbasis komputer, diantaranya adalah Computer Based Instruction (CBI).Computer Assisted Intsruction (CAI), ICT, Computer Based Training (CBT) dan Computer Based Education (CBE). 

2. E-Learning 

E-learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer dan internet sebagai media pembelajaran. siswa dapat mengakses materi pelajaran baik itu berupa video, gambar, teks ataupun suara dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan pengajar. sistem seperti ini tentu saja dimiliki oleh Universitas-universitas terkemuka di Indonesia.

Pengayaan konten seperti materi yang dapat diunduh siswa, ujian online atau pun sistem penilaian siswa dll dalam bentuk website. sistem pembelajaran e-learning umumnya tidak menggantikan model belajar konvensional di kelas, tapi hanya sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar siswa dan memberikan kemudahan pengajar dalam menyampaikan informasi kepada siswanya. 

3. Blended Learning                                                                                                                           

 Blended learning merupakan metode pembelajaran yang mencampurkan pertemuan tatap muka pengajar dan muridnyasecara online. tanpa terbatas jarak.

Pengajar akan memberikan materinya secara real time melalui phone conference, video conference ataupun chatting online. mereka dapat saling memberikan feedback baik itu berupa pertanyaan, jawaban ataupun pernyataan.
 

4. Perpustakaan Digital                                                                                                                        

Menurut Association of Research Libraries (ARL) tujuan dari perpustakaan digital adalah  untuk memberikan kelancaran dalam proses pengembangan yang sistematis dengan cara menyimpan, mengumpulkan, dan mengorganisasi pengetahuan dan informasi dalam format digital.

Siswa dapat mengakses buku-buku dalam bentuk digital dan mempelajarinya, tanpa harus datang ke perpustaan langsung atau harus membeli buku dalam bentuk fisik. Tentu saja ini menguntungkan karena siswa dapat belajar dimana pun dan kapan pun. 

5. Penggunaan Alat Pendukung KBM                                                                                                    

Proses belajar mengajar tidak melulu pengajar mengajar menyampaikan bahan ajar melalui lisan. Namun bisa juga menggunakan video, gambar atau materi yang dibuat menggunakan komputer atau laptop. Kemudian ditampilkan lagi menggunakan teknologi berupa proyektor agar objek lebih besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.

Karena teknologi terus berkembang, sudah seharusnya dunia pendidikan mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Agar terjadinya sinkronisasi yang baik antara siswa ketika dia kembali ke lingkungannya atau berhadapan dengan dunia kerja.

 

Itulah postingan saya tentang "Teknologi Di Bidang Pendidikan", semoga dapat membantu dalam pemahaman "Pendidikan Berbasis Teknologi".




Tidak ada komentar:

Posting Komentar